Jumat, 29 Januari 2010

VISI, MISI Dan PROGRAM KERJA

VISI, MISI Dan PROGRAM KERJA

BAB. I Pendahuluan
Keberhasilan pembangunan masyarakat tidak dapat diukur dengan janji atau kata-kata. Melainkan, pembangunan masyarakat pada prinsipnya hanya dapat diukur dari “apa” dan “sejauhmana” pembangunan itu telah dikerjakan serta memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat. Singkatnya, pembangunan yang sebenarnya adalah fakta atau kenyataan dari suatu usaha yang telah membuahkan perkembangan, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kaitannya dengan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) Binaus, saya selaku satu figur Kepala Desa yang juga merupakan “putra asli daerah” merasa terpanggil untuk kembali mengabdikan diri sepenuhnya bagi masyarakat Desa Binaus. Salah satu dasar keterpanggilan ini, tentunya terletak pada pengalaman sebelumnya, dimana masyarakat Desa Binaus telah mempercayakan saya untuk melayani kebutuhan-kebutuhan dan harapan-harapannya melalui berbagai karya pembangunan yang telah saya lakukan semaksimal mungkin.

Jika, kita melihat sejenak kebelakang, tentantang usaha pembangunan Desa dan masyarakat Binaus, maka pada satu sisi, kerena keterbatasan waktu pelayanan, berbagai-macam hal yang harus dan bisa kita wujudkan tertunda. Namun, agenda-agenda pembagunan itu, masih dapat kita kerjakan, jika masyarakat kembali memberikan kepercayaan dan kesempatan untuk dapat dituntaskan. Apa yang telah ada sekarang ini sebagai hasil pembangunan, mungkin telah memberikan kepuasan bagi kita sekalian, tetapi rencana pembangunan ke depan akan lebih baik dan lebih maju dari apa yang ada sekarang.

Beberapa bukti pembangunan yang telah diraih bersama dalam pengalaman pelayanan kita dapat saja disebutkan secara terperinci. Tetapi, ada beberapa hal yang bisa kita katakan sebagai sifat pembangunan pokok dan strategis, misalnya; di Bidang Pemerintahan Desa, pembangunan Kantor Desa dan berbagai fasilitas penunjangnya telah terealisasi. Tentunya ini memberikan kemudahan dan efektifitas kinerja pelayanan masyarakat dari aparatur desa. Selain itu, Pemekaran Kecamatan Mollo Tengah serta penentuan Lokasi Kecamatan dalam Desa Binaus juga merupakan bukti keberhasilan di Bidang Pemerintahan. Di Bidang Pembangunan, sudah pula direalisasikan pembangunan sekolah SMP dan TK yang pada prinsipnya merupakan wadah pendidikan (pencerdasan) bagi masyarakat kita. Ada pula pembukaan dan peningkatan mutu jalan yang memudahkan trasportasi masyarakat. Dan masih ada rencana yang tersisa yakni dalam waktu singkat, akan dibangun satu unit Lopo Adat yang berlokasi di “Rumah Tua” (Kuan Tunan). Pembangunan ini akan dimanfaatkan untuk kepentingan pelestarian nilai adat-istiadat serta untuk mengenang jasa para tokoh-tokoh adat.

Sedangkan, di Bidang Pelayanan Kemasyarakatan cukup banyak keberhasilan kita. Misalnya, kebijakan alokasi kafling tanah di Makenat yang diperuntukan bagi masyarakat yang tidak memiliki lokasi tempat tinggal (rumah), sarana air bersih ke Dusun II dan pembangunan Sumur Bor guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Desa Binaus, pembangunan dua unit Posyandu, serta kerja sama lainnya yang dilakukan Pemerintah Desa dengan Pemerintah dan LSM-LSM yang bergerak di berbagai bidang pelayanan kemasyarakatan seperti pendidikan, kesehatan, Hak Asasi manusia (HAM), penguatan SDM, pelestarian SDA, pertanian dan perkebunan, peternakan, ekonomi dan lain sebagainya.

Karenanya, dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku purta asli desa, menyatakan komitmen untuk mengabdikan diri sepenuhnya pada kepentingan masyarakat desa Binaus; untuk membangun, memajukan dan memandirikan desa ini serta masyarakatnya dalam berbagai segi pembangunan.

Untuk itu, melaui kesempatan ini, perkenankanlah saya selaku salah satu figur yang mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Binaus untuk memaparkan Visi, Misi dan Program Kerja, apabila saya dipercayai dan dipilih oleh masyarakat desa Binaus, yang kepada merekalah, dengan tulus hati serta komitmen tinggi siap melayani dan membawa perubahan baru menuju masyarakat yang maju dan mandiri dan sejahtera dalam berbagai aspek kehidupan.

Adapun Visi, Misi dan Program Kerja yang akan saya lakukan, apabila atas kepercayaan masyarakat Desa Binaus, saya terpilih atau didaulat sebagai Kepala Desa Binaus pada periode 2009-2015 pemerintahan selanjutnya.

VISI
MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BERSIH, TRASPARAN DAN BERTANGGUNG JAWAB GUNA MENCIPTAKAN MASYARAKAT DESA YANG MANDIRI DAN SEJAHTERA

MISI
1. Meningkatkan Mutu dan Produktifitas Sumber Daya Manusia.
2. Memajukan Ketertiban dan Kenyamanan Hukum Dalam Kehidupan Bermasyarakat.
3. Meningkatkan Mutu dan Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Alam.
4. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat.
5. Memperluas dan Meningkatkan Mutu Infrarstuktur Desa.
6. Meningkatkan dan Memperluas Jaringan Kerja Sama Pemerintahan dan Non-Pemerintah.

BAB II
Program Kerja Bidang Pemerintahan Desa, meliputi :
1. Kegiatan peningkatan kemampuan (SDM) dan manajerial aparatur pemerintahan Desa.
2. Kegiatan penataan dan pemerataan wilayah kerja bagi RT/RW.
3. Peningkatan budaya gotong royong masyarakat Desa.
4. Memajukan sikap permusyawarahan dan permufakatan masyarakat.
5. Revisi Perangkat Peraturan Desa (PERDES) Tahun 2004 sebagai upaya memperkuat dan memajukan kesadaran masyarakat dalam menjunjung tinggi budaya dan adat-istiadat.
6. Membangun dan memperluas jejaring kerja sama atau kemitraan dengan instansi pemerintah dan non-pemerintah.
7. Penertiban sirkulasi (masuk-keluar) penduduk desa serta pencegahan potensi masalah yang bisa dilakukan oleh masyarakat luar desa.

BAB. III
Program Kerja Bidang Pembangunan, meliputi :
1. Kegiatan penataan tata ruang kota dalam desa:
a. Peningkatan jalan Kemakenat (Dana PNMP).
b. Pembukaan jalan baru yang menghubungkan Dusun I dan Dusun II (Dana PNMP).
c. Relokasi pemukiman masyarakat yang masih berada pada lokasi tertutup ke lokasi pemukiman yang terbuka (pinggir jalan umum).
d. Penyediaan sarana air bersih bagi masyarakat melaui potensi Sumur Bor (Dana PNMP).
e. Penyelesaian pembangunan fisik Kantor Desa Binaus secara bertahap (Dana ADD).
f. Pembangunan Rumah Sehat bagi masyarakat yang kurang mampu.
g. Pemisahan daerah perkebunan dan peternakan.
h. Relokasi Tempat pemakaman Umum (TPU).

BAB. IV
Program Kerja Bidang Pelayanan Kemasyarakatan, Meliputi :
1. Peningkatan Ekonomi Rakyat:
a. Penggemukan Sapi (Bantuan Dinas Peternakan dan Dana ADD).
b. Penggemukan Babi (Bantuan Dinas Sosial dan Dana ADD).
c. Peningkatan Kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP).
d. Budidaya Tamanan Holtikultura.
e. Budidaya tanaman Umur Panjang dan Umur Pendek.
f. Peningkatan mutu layanan kesehatan masyarakat:
• Peningkatan status PUSTU menjadi PUSKESMAS.
• Penambahan tenaga medis.
• Penambahan dan Peningkatan mutu sarana kesehatan masyarakat.
• Pendidikan dan pelatihan kesehatan masyarakat.
2. Kegiatan pencegahan Kejadian Luar Biasa (KLB):
• Pembersihan lingkungan desa dan rumah melalui program Jumat Bersih.
• Pembangunan Kamar Mandi dan WC Sehat.
• Lantainisasi.
• Kulambunisasi.

BAB. V Penutup

Demikian pemaparan Visi, Misi dan Program Kerja saya selaku figur calon Kepala Desa Binaus Periode 2009-2015. Keseluruhan Visi, Misi dan Program Kerja ini, pada prinsipnya merupakan lanjutan dari masa pelayanan kita bersama pada periode sebelumnya untuk membangun dan memajukan Desa Binaus menuju pada Kemandian dan Kesejahtraan. Segala hal yang berkaitan dengan harapan masa depan kita yang tergambarkan dalam pemaparan ini, perlu ditegaskan bahwa “hanya akan terlaksana apabila semua masyarakat desa bersatu pada dalam prosesi pembangunan desa secara tulus hati dan penuh kerja keras”. Sehingga, keberhasilannya akan menjadi keberhasilan dan kebanggaan kita bersama.

Akhir kata, dalam pemaparan Visi dan Misi ini saya ucapkan limpah terima kasih kepada saudara-saudari sekalian sebagai masyarakat Desa Binaus yang pada saat ini, dapat kita katakan bahwa kita sedang ada pada tahapan “Penentuan Masa Depan Binaus”.
Tuhan Memberkati Kita Sekalian!


“Nekaf Mese Ansaof Mese Het Ta’Fena Hit Pah Ma Hit Nifu”



Binaus, 25 Januari 2010

Calon Kepala Desa Binaus
Periode 2009-2015
Tertanda


Nahor Tasekeb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar